Resep Cara Membuat Es Dawet Cendol Ireng Ayu Banjar Negara

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Resep Cara Membuat Es Dawet Cendol Ireng Ayu Banjar Negara- Cuaca lagi panas enaknya minum minuman dingin dan segar ya...? bila anda suka minuman segar tidak harus selalu pergi ke kafe atau kepedagang, cobalah membuat bikinan sendiri dirumah ala cafe, disini kami akan menyediakan resep cara membuat es dawet/cendol yang akan di sediakan di bawah, mengingat cara pembuatan es ini sangatlah peraktis sehingga banyak orang yang ingin tahu cara membuat es dawet ini.

Melihat dari judul yang di atas yaitu cara membuat resep minuman segar, bahan-bahan untuk membuat minuman ini terbuat dari tepung beras di olah menjadi bentuk kecil memanjang yang berwarna hijau di siram oleh air santan dan gula aren jawa, bisa dengan sirup yang anda sukai, namun es dawet tidak hanya warna hijau saja tapi bisa dengan warna-warna lain seperti hitam itu juga tergantung selera anda.

Cara membuat es dawet sangatlah terbilang mudah untuk bahan-bahanya tidak sulit di cari dan terjangkau harganya, apapun minuman atau makanannya cobalah anda membuat sendiri di rumah jika anda masih bisa buat apa beli, selain berhemat bisa juga dapat mengetahui bahan-bahaan membuat es dawet dan bisa mengetahui kualitas bahan yang akan di gunakan, simak baik-baik resep es dawet ini.


Bahan Bahan Dawet

50 gram tepung sagu aren
75 gram tepung beras
600 ml air
1 sendok teh garam
700 gram es serut kasar

Bahan Bahan Sirop

300 gram gula merah, disisir
2 lembar daun pandan
250 ml air
1/4 sendok teh garam
5 buah nangka, dipotong panjang

Bahan Bahan Kuah Santan

500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Tutorial Membuat Es Dawet

  • Cendol, larutkan tepung beras, tepung sagu di dalam air dan garam. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup dan kalis.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan cendol. Tekan di atas baskom yang berisi air es. Saring cendolnya. Sisihkan.
  • Sirop, didihkan gula merah, air, daun pandan, dan garam di atas api kecil sampai kental. Tambahkan nangka. Aduk rata.
  • Kuah santan, rebus bahan kuah santan sambil diaduk sampai mendidih dan matang.
  • Sajikan cendol bersama sirop, kuah santan, dan es serut.

Sekian dari kami mengenai resep es dawet, minuman ini salah satu minuman segar yang sedang populer di saat ini yang bernama es dawet. di halaman lain kami sudah menyediakan resep masakan, aneka kue dan cemilan yang telah kami rangkum. Untuk itu baca juga resep yang lainnya dan klik kue cheese cake.
Advertisement