Resep Cara Membuat Kue Ongol Ongol Dari Singkong Dan Tepung Sagu

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Resep Cara Membuat Kue Ongol Ongol Dari Singkong Dan Tepung Sagu - Ongol adalah makanan tradisional indonesia adanya semaenjak dari jaman dulu, semenjak aku lagi kecil sangat suka dengan jajanan tradisional ini, aku kalau lagi main sama teman suka bareng-bareng makan ongol-ongol, karena setiap hari ada tukang pedagang keliling yang menjual ongol-ongol dagangannya ke komplek rumah kami.

Makanan tradisional ini sangatlah enak rasanya, pantes banyak orang-orang yang suka makanan jajanan pasar karena rasanya sangat manyos sekali, Jajanan pasar bukan hanya ongol-ongol saja yang ada di pasar, tapi banyak makanan jajanan pasar teradisional seperti kelepon, gemblong hitam, gemblong putih, cucur, tanggo dan lain-lainnya.

Ongol-ongol terbuat dari bahan yang sederhana cara proses membuatnya tidaklah sulit, untuk bahan-bahan utamanya yaitu dari tepung sagu karena sagu adalah bahan makanan sangat bagus untuk di makan, dari pada banyak cingcong yu kita simak bahan-bahan dan cara pembutannya.


Bahan-Bahan

  • 1 liter air
  • 200 gr tepung sagu aren atau tepung hunkwe
  • 1 butir kelapa yg muda, parut, kukus
  • 5 keping gula aren
  • 1-2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 cm kayu manis (optional)
  • 1 sdt vanilla (optional)
  • sejumput garam

Langkah Cara Pembuatan

- Rebus air, masukkan gula aren, pandan dan sejumput garam. Setelah mendidih, gula aren larut, matikan api, saring dan sisihkan

- Ambil loyang taburkan parutan kelapa yg telah diberi sedikit garam

- Masukkan tepung sagu kedalam air gula aren, aduk dan saring

- Siapkan panci anti lengket, tuang adonan tepung dan gula, taruh diatas tungku nyalakan api. aduk pelan dan konsisten dengan wisker atau spatula hingga matang dan meletup letup

- Tuangkan adonan kedalam loyang yang sudah ditaburi kelapa parut, diamkan sampai setengah dingin

- Potong2 dan guling2 kan dengan kelapa parut didalam loyang

- Terakhir sajikan bersama keluarga.

Selamat Menikmati...!!!

Gimana cara pembuatannya tidak sulitkan kan...? Ya itulah resep cara membuat ongol ongol sagu aren, henkwe dendan rasanya enak dan nikmat. Resep selanjutnya Nugget Ayam Wortel.

BACA JUGA:
Advertisement